ANALISIS
MENGENAI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA MINIMARKET
LATAR
BELAKANG MASALAH
Sejalan
dengan perkembangan yang berlangsung di Indonesia saat ini dari tahun ke tahun
proses pemenuhan akan kebutuhan hidup terutama yang menyangkut mengenai
kebutuhan primer serta sekunder meningkat terus menerus. Hal ini menyebabkan
manusia yang berperan sebagai konsumen menginginkan proses pembelian
barang-barang kebutuhan sehari-hari agar tercipta lebih mudah, dimana pada saat
ini kita semua mengenalnya sebagai sebuah tempat belanja yang mudah dan
langsung. Hal ini mendorong pengusaha-pengusaha untuk menanamkan modalnya
dibidang usaha retail serta memperluasnya. Dengan munculnya usaha-usaha retail
baru tersebut tentu dapat mempengaruhi pangsa pasar yang sudah ada. Untuk itu
maka perlu adanya peningkatan pelayanan terhadap konsumen serta pemulihan
strategi pelayanan yang tepat agar para konsumen yang telah dikuasai dapat
dipertahankan atau bisa meningkatkan konsumen yang sudah ada tersebut, dengan
adanya hal tersebut ternyata dapat dihadirkan oleh para pelaku bisnis usaha
retail yang menempatkan . saha-usaha retail tersebut yang telah kita kenal
dengan sebutan minimarket dalam skala kecil.
Fenomena
a. Minimarket adalah perusahaan retail yang bergerak di
bidang penjualan produk-produk yang digunakan oleh para konsumen dalam
kehidupan sehari-hari.
b. Banyaknya kebutuhan primer dan
sekunder yang harus dipenuhi oleh para konsumen menyebabkan konsumen tersebut
menginginkan proses pembelian barang yang secara mudah dan langsung.
c. Harga, lokasi dan hadiah yang
ditawarkan oleh produk termasuk faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat
para konsumen.
Masalah
a. Kemampuan minimarket dalam memberikan pelayanannya bagi
kepuasan para konsumen terhadap harga barang yang dijual.
b. Kemampuan minimarket dalam
memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap kualitas barang
yang dijual.
c. Kemampuan minimarket dalam
memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap fasilitas tempat
yang memberikan kenyamanan bagi setiap konsumen yang melakukan transaksi atau
melakukan pembelian terhadap barang yang ditawarkan oleh minimarket tersebut.
d. Kemampuan minimarket dalam
memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap sikap para pegawai
minimarket dalam melayani para konsumennya.
e. Menurunnya tingkat pelayanan
sebagai akibat dari kegagalan dalam pelaksanaan pelayanan yang akan menyebabkan
menurunnya jumlah konsumen yang akan datang mengakibatkan kerugian pada
minimarket.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar