Nama
: Sonia Maria Fransiska
Kelas
: 3 EA 18
NPM
: 16210647
PERILAKU
KONSUMEN
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Tujuannya adalah memperoleh kepuasan pelanggan. Sehingga
ilmu perilaku konsumen dibutuhkan untuk mengidentifikasi apa kebutuhan dan keinginan konsumen dan pelanggan
tersebut sehingga pemasar mampu menyusun
dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat untuk karakteristik
konsumen yang menjadi target
pasar.
Perilaku konsumen terkait dengan
strategi pemasaran, di mana pemasaran harus mampu menyusun kriteria pembentukan segmen konsumen, kemudian
melakukan pengelompokan dan menyusun profil dari konsumen tersebut.
Perilaku permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan
dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: pendapatan, selera konsumen, dan
harga barang, disaat kondisi yang lain tidak berubah (ceteris paribus).
Perilaku konsumen ini didasarkan pada Teori Perilaku Konsumen yang menjelaskan
bagaimana seseorang dengan pendapatan yang diperolehnya, dapat membeli berbagai
barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang
diharapkannya.
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar