Metodologi
Variabel tentang Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart di Bekasi
(merode riset)
I.
Jenis Data dan Sumber Data
Penelitian ini menggunakan data
primer yang bersumber dari responden yang diambil melalui kuesioner yang
disebarkan kepada konsumen minimarket Alfamart dan Indomaret di Bekasi.
II.
Populasi
dan Obyek Penelitian
Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan
secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Mengingat
besarnya populasi, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar
20 orang konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di Perumahan
Barata, Bekasi. Sedangkan obyek penelitian ini adalah ritel minimarket Alfamart
dan Indomaret di Bekasi.
III.
Metode
Pengambilan Data
Metode Pengumpulan Data Sesuai
dengan jenis penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian deskriptif. Maka
metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei, yaitu teknik
pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung berupa opini atau
pendapat dari subjek yang diteliti (responden) dengan menjawab pernyataan-pernyataan
kuesioner.Dengan mengajukan kuesioner kepada 20 orang responden. Kuesioner
berbentuk pernyataan tertutup, yaitu kuesioner yang menyajikan pernyataan
dengan pilihan jawaban.
Teknik pengukuran atau penskalaan
yang digunakan adalah skala likert. Penelitian terhadap pernyataan diberi bobot
nilai 5 untuk penilaian Sangat Setuju, bobot nilai 4 untuk penilaian Setuju,
bobot nilai 3 untuk penilaian Cukup Setuju, bobot nilai 2 untuk penilaian Tidak
Setuju, bobot nilai 1 untuk penilaian Sangat Tidak Setuju.
IV.
Variabel
Penelitian
Indikator pengukur variabel yang
digunakan adalah:
1. Variabel Lokasi :
a. Banyaknya sarana transportasi
yang menunjang.
b. Lokasi dapat dilihat dengan jelas
dari tepi jalan.
c. Lingkungan sekitar yang asri dan
teduh.
d. Tempat parkir yang luas dan aman.
2. Variabel Iklan dan Promosi :
a. Adanya iklan yang menarik.
b. Informasi katalog yang dapat
dipercaya.
c. Adanya undian berhadiah.
d. Adanya hadiah langsung atas
pembelian sejumlah barang tertentu.
3. Variabel Harga :
a. Harga barang sesuai dengan harga
pasar.
b. Adanya potongan harga.
c. Harga produk kompetitif dengan
harga yang ditawarkan pesaing.
d. Terdapat diskon khusus pada event
tertentu.
4. Variabel Kelengkapan Produk :
a. Kelengkapan variasi dan jenis
barang yang ditawarkan.
b. Produk yang ditawarkan merupakan
kebutuhan sehari-hari.
c. Produk yang ditawarkan
berkualitas.
d. Tersedia penyaji informasi untuk
barang - barang dengan harga promosi.
5. Variabel Pelayanan :
a. Pengetahuan pramuniaga atas
produk yang ditawarkan.
b. Pramuniaga yang ramah dan sopan.
c. Proses transaksi pembayaran yang
cepat.
d. Kasir memberikan penjelasan yang
cukup jelas mengenai cara pembayaran (tunai,
debet, kredit).
V.
Model
Penlitian
Variabel Penelitian
Variabel
|
Keteranagan
|
Jenis
|
Notasi
|
Y1
|
Kepuasan
konsumen
|
Variabel
Terikat
|
Ykk
|
X1
|
Lokasi
|
Variabel
Bebas
|
Xl
|
X2
|
Iklan
dan Promosi
|
Variabel
Bebas
|
Xip
|
X3
|
Harga
|
Variabel
Bebas
|
Xh
|
X4
|
Kelengkapan
Produk
|
Variabel
Bebas
|
Xkp
|
X5
|
Pelayanan
|
Variabel
Bebas
|
Xp
|
Dari tabel diatas maka akan didapat
model penelitian sebagai berikut:
Ykk = Xl + Xip + Xh + Xkp + Xp + e
VI.
Metode
Analisis Data
Metode penelitian yang digunakan
adalah metode statistik dengan mengggunakan analisis validitas dan
reliabilitas, analisis faktor, analisis korelasi. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah SPSS versi 11.0. karena keterbatasan waktu, maka
jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 20 orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar