Selasa, 27 November 2012

Metodologi Variabel tentang Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart di Bekasi (merode riset)


Metodologi Variabel tentang Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart di Bekasi (merode riset)
        I.            Jenis Data dan Sumber Data
Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen minimarket Alfamart dan Indomaret di Bekasi. 

II.            Populasi dan Obyek Penelitian
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 20 orang konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di Perumahan Barata, Bekasi. Sedangkan obyek penelitian ini adalah ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di Bekasi.

III.            Metode Pengambilan Data
Metode Pengumpulan Data Sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian deskriptif. Maka metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei, yaitu teknik pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung berupa opini atau pendapat dari subjek yang diteliti (responden) dengan menjawab pernyataan-pernyataan kuesioner.Dengan mengajukan kuesioner kepada 20 orang responden. Kuesioner berbentuk pernyataan tertutup, yaitu kuesioner yang menyajikan pernyataan dengan pilihan jawaban.
Teknik pengukuran atau penskalaan yang digunakan adalah skala likert. Penelitian terhadap pernyataan diberi bobot nilai 5 untuk penilaian Sangat Setuju, bobot nilai 4 untuk penilaian Setuju, bobot nilai 3 untuk penilaian Cukup Setuju, bobot nilai 2 untuk penilaian Tidak Setuju, bobot nilai 1 untuk penilaian Sangat Tidak Setuju. 

IV.            Variabel Penelitian
Indikator pengukur variabel yang digunakan adalah:
1. Variabel Lokasi :
a. Banyaknya sarana transportasi yang menunjang.
b. Lokasi dapat dilihat dengan jelas dari tepi jalan.
c. Lingkungan sekitar yang asri dan teduh.
d. Tempat parkir yang luas dan aman.
2. Variabel Iklan dan Promosi :
a. Adanya iklan yang menarik.
b. Informasi katalog yang dapat dipercaya.
c. Adanya undian berhadiah.
d. Adanya hadiah langsung atas pembelian sejumlah barang tertentu.
3. Variabel Harga :
a. Harga barang sesuai dengan harga pasar.
b. Adanya potongan harga.
c. Harga produk kompetitif dengan harga yang ditawarkan pesaing.
d. Terdapat diskon khusus pada event tertentu.
4. Variabel Kelengkapan Produk :
a. Kelengkapan variasi dan jenis barang yang ditawarkan.
b. Produk yang ditawarkan merupakan kebutuhan sehari-hari.
c. Produk yang ditawarkan berkualitas.
d. Tersedia penyaji informasi untuk barang - barang dengan harga promosi.
5. Variabel Pelayanan :
a. Pengetahuan pramuniaga atas produk yang ditawarkan.
b. Pramuniaga yang ramah dan sopan.
c. Proses transaksi pembayaran yang cepat.
d. Kasir memberikan penjelasan yang cukup jelas mengenai cara pembayaran (tunai,
debet, kredit).

V.            Model Penlitian
Variabel Penelitian
Variabel
Keteranagan
Jenis
Notasi
Y1
Kepuasan konsumen
Variabel Terikat
Ykk
X1
Lokasi
Variabel Bebas
Xl
X2
Iklan dan Promosi
Variabel Bebas
Xip
X3
Harga
Variabel Bebas
Xh
X4
Kelengkapan Produk
Variabel Bebas
Xkp
X5
Pelayanan
Variabel Bebas
Xp
Dari tabel diatas maka akan didapat model penelitian sebagai berikut:
Ykk = Xl + Xip + Xh + Xkp + Xp + e

VI.            Metode Analisis Data
Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik dengan mengggunakan analisis validitas dan reliabilitas, analisis faktor, analisis korelasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 11.0. karena keterbatasan waktu, maka jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 20 orang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar